Cara Mengatur Ventilasi Kamar Mandi Dengan Tepat

Cara Mengatur Ventilasi Kamar Mandi Dengan Tepat



Untuk membuat kamar mandi yang bersih, sehat, dan nyaman, Anda memerlukan ventilasi berupa jendela atau skylight.Ventilasi kamar mandi wajib dibuat, karena banyak kegunaannya. Lewat ventilasi, udara akan dialirkan keluar masuk, sehingga kamar mandi selalu memperoleh udara segar. Dengan ventilasi, kamar mandi juga tak akan terasa panas dan pengap. Berikut beberapa cara mengatur ventilasi kamar mandi, mari simak ulasannya di bawah ini:
Skylight
Skylight berguna sebagai ventilasi udara serta untuk memasukkan banyak cahaya matahari ke dalam kamar mandi. Dengan demikian, kamar mandi selalu terang di siang hari. Cahaya matahari juga menjaga kamar mandi supaya hangat dan tidak lembap. Kebedaraan Skylight dapat membuat ruangan terasa lebih lega. Skylight menjadikan ruang terasa lebih tinggi karena bagian atasnya terbuka.

Bovenleigh
Ventilasi kamar mandi juga bisa menggunakan bovenleigh, yakni jendela berkaca (buram) yang disusun zigzag. Bovenleigh bisa juga dipasang dengan desain lain sesuai selera kita. Namun yang terpenting ada rongga untuk sirkulasi udaranya.


Model Desain Bovenleigh Kamar Mandi
Desain Skylight Kamar Mandi ModernContoh Gambar Skylight Kamar Mandi ModernContoh Gambar Bovenleigh Kamar Mandi
Exhaust fan
Untuk kamar mandi yang tidak bersebelahan dengan taman dan tidak berjendela, maka harus dipasangi exhaust fan untuk menyedot udara pengap kamar mandi. Exhaust fan juga dapat diletakkan di plafon misalnya karena tidak ada ruangan yang bersebelahan dengan kamar mandi. Dengan cara ini, udara kotor dibuang melalui saluran pipa. Fungsi exhaust fan adalah untuk mempercepat netralisasi kondisi udara. Jika kamar mandi Anda hanya menggunakan ventilasi biasa, bisa jadi udara kotor akan lambat keluar ruangan. Kelemahan menggunakan exhaust fan di area serba tertutup ini adalah kurangnya akses cahaya yang masuk ke kamar mandi. Kamar mandi yang didesain serba tertutup tidak mengakomodasi cahaya sehat (matahari pagi) untuk masuk ke ruangan.

Mengatur desain ventilasi kamar mandi memang merupakan salah satu tantangan dalam membangun rumah. Terutama, jika tidak ada area taman di sebelah kamar mandi, atau hampir seluruh dinding kamar mandi bersebelahan dengan ruangan lain.

1 Response to "Cara Mengatur Ventilasi Kamar Mandi Dengan Tepat"

  1. selain cara di atas Anda juga bisa menggunakan pintu kamar mandi aluminium yang biasanya sudah terdesia lubang ventilasi di bagianatasnya

    ReplyDelete